16 October 2020 18:18 WIB

Hyundai Grand i10, City Car Asyik Masa Kini

Hyundai Grand i10, mobil dengan dimensi kecil berkonsep city car ini terasa lincah dan asyik jika dikendarai di jalan perkotaan. Hyundai Grand i10 merupakan mobil dengan generasi yang berbeda dengan pendahulunya, baik dari sisi eksterior maupun performa mesin. 

Pada bagian depan, kombinasi antara teknologi canggih dengan desain penuh semangat begitu terasa. Hal ini karena Honeycomb Grille dipadukan dengan bentuk bumper yang agresif, sehingga kesan mempertahankan ciri khas Hyundai yaitu elegan dan gagah.

Untuk sisi bagian kiri dan kanan didesain untuk membantu performa mesin dan membuat kondisi mobil tetap stabil ketika berkendara lebih cepat. Velg 14 inci memberikan tampilan modern sesuai dengan bahasa desain mobil ini, sederhana dan modern.

Pada sisi belakang, terdapat rear spoiler yang menambah nilai estetika dari mobil ini. selain itu, lampu belakang pada mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur Emergency Stop Signal dengan memberikan tanda kedip lampu HMSL LED dengan waktu yang tepat untuk memberikan peringatan kepada pengemudi di belakang.

Untuk menggerakkan mobil ini, diandalkan sebuah mesin Kappa 3 silinder MPI D-CVVT. Mesin ini versi Eropa yang berkapasitas 1.248 cc. Sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 78 hp (58 kW; 79 PS) pada 6.000 rpm dan torsi 87 lb⋅ft (118 Nm) pada 4.000 rpm. Hasil pengetesan mencatat efisiensi bahan bakar dinilai pada 5 L/100 km (47 mpg-AS; 56 mpg-imp) dalam siklus uji gabungan Eropa.

Mesin tersebut pun dihubungkan ke 2 pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan yang memberikan rasa sporti lebih atau transmisi otomatis 4 percepatan dengan shiftronic yang lebih nyaman namun tetap sporti.

Soal pengendalian, dipercayakan kepada suspensi Macpherson Strut sudah dilengkapi anti rollbar pada bagian depan dan Coupled Torsion Beam Axle untuk bagian belakang, menawarkan keseimbangan antara kenyamanan dan kelincahan.

Power steering-nya pun telah menggunakan sistem elektronik atau EPS yang lebih efisien dan ringan. Sistem ini sendiri lebih mudah perawatannya karena tidak ada jalur hidrolik.

Tak hanya mekanikal dan eksteriornya, interiornya pun nyaman dan berkualitas. sebut saja cluster yang desainnya modern dan intuitif sehingga mudah dibaca.

Selain itu, keademan dari AC akan tersebar secara merata pada mobil ini karena adanya ventilasi AC belakang yang diletakkan di konsol tengah.

Keamanan tentunya juga diutamakan pada mobil ini. Dengan rangka HRBS (Hyundai Reinforced Body Structure), rigiditas dan kekuatan sasis mobil ini patut diacungi jempol sehingga bisa melindungi penumpangnya.

Selain itu, airbag yang ada di sisi pengemudi akan memberikan permukaan empuk ketika terjadi benturan keras. tentunya, tetap gunakan seatbelt ya meskipun sudah ada airbag.

Dengan kata lain, Grand i10 merupakan sebuah city car modern yang memenuhi berbagai kriteria yang diinginkan orang-orang dalam memilih city car untuk bermobilitas.

Share